Selamat dari Lahir Prematur, Gangguan Mental Mengintai

Monday 26 April 2010
detikHealth - London, Bayi yang lahir prematur makin banyak yang bisa bertahan hidup seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun risiko lain masih mengintai, yakni gangguan kejiwaan saat bayi tersebut tumbuh dewasa.

Penelitian di Inggris menemukan kelahiran sangat prematur dengan masa kandungan yang ekstrem yakni kurang dari 26 minggu dapat meningkatkan risiko tersebut.

Dilansir dari ScienceDaily, Senin (26/4/2010), risiko pada bayi yang lahir sebelum 26 minggu meningkat hingga 3 kali lipat.

Penelitian berkelanjutan yang dilakukan Johnson and colleagues itu melibatkan 219 anak yang lahir prematur sebelum masa kehamilan 26 minggu. Data dikumpulkan dari EPICure Study, yang digelar di Inggris dan Irlandia sejak tahun 1995.

Hasilnya menunjukkan hampir seperempat dari populasi mengalami gangguan kognitif, neuromotorik dan sensorik saat menginjak usia 11 tahun. Gangguan tersebut meliputi gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas atau GPPH (12
persen), gangguan emosional (9 persen), dan gangguan spektrum autisme (8 persen).

Penelitian yang didukung juga didukung oleh Medical Research Council (MRC) tersebut akan dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry edisi Mei 2010. Dalam editorialnya, Dr. Joan J. Luby dari Washington University School of Medicine turut memberikan komentar.

"Penelitian ini adalah yang terbesar dan paling lama yang pernah dilakukan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan risiko gangguan perilaku pada bayi sangat prematur, dan menjadi temuan paling penting di bidang terkait," kata Dr. Joan.

Sementara itu Dr. Johnson dan rekannya menekankan, monitoring sejak masa prasekolah penting dilakukan terhadap bayi yang lahir sangat prematur. Pemantauan rutin terhadap perkembangan kognitif dan perilaku bisa menekan resiko
gangguan kejiwaan saat tumbuh dewasa.

Definisi bayi prematur seperti dikutip dari Pregnancy adalah:

  1. Semua bayi dikategorikan prematur jika lahir sebelum 37 minggu
  2. Prematur moderat jika lahir antara minggu 35 dan 37
  3. Sangat prematur jika lahir antara minggu ke-29 dan 34
  4. Ekstrem prematur jika lahir kurang dari 29 minggu
  5. Berat badan bayi rendah jika kurang dari 2,5 kg
  6. Berat badan sangat rendah jika kurang dari 1,5 kg
  7. Berat badan ekstrim rendah kurang dari 1 kg.


(up/ir)

Posting Lain Yang Mungkin Ingin Anda BACA JUGA :



0 comments:

Post a Comment

BannerFans.com